Polsek Sanankulon – Polsek Sanankulon bersama dengan Jajaran Muspika serta segenap masyarakat Desa Purworejo hari ini melaksanakan penanaman bibit pohon dalam rangka mensukseskan program Polri Peduli Penghijauan. Sabtu 11 Januari 2020. Mengambil lokasi di tepi Sungai Brantas Dusun Gendong Desa Purworejo Kecamatan Sanankulon, kegiatan penanaman bibit pohon ini dilaksanakan. Setidaknya ada 110 buah bibit tanaman yang terdiri dari pohon jati, sengon dan mahoni. Lokasi tepi sungai sangat perlu untuk ditanami pohon agar kelak lereng sungai tidak longsor oleh gerusan air hujan untuk menjaga sekaligus menyeimbangkan ekosistem sungai sehingga tidak berpotensi menimbulkan bencana longsor dan banjir.

Kapolsek Sanankulon AKP Agus Hendro Tri S, SH sesaat sebelum pelaksanaan penanaman memberikan arahan kepada warga masyarakat diantaranya penanaman pohon ini merupakan gerakan peduli lingkungan yang bertujuan untuk penghijauan bumi untuk masa depan anak cucu kita. Setelah ditaman kita semua mempunyai kewajiban untuk menjaga sekaligus merawatnya. Apabila pohon yang ditaman mati, maka segera diganti dengan bibit yang baru.

Diahir arahannya Kapolsek Sanankulon menekankan betapa pentingnya penghijauan bagi lingkungan. Diantaranya adalah penghijauan merupakan salah satu upaya untuk melindungi Bumi dengan cara menanam pepohonan di lahan permukaan Bumi. Mengingat saat sekarang cuaca hujan dengan intensitas yang tinggi maka penghijauan dengan menanam pohon dapat mencegah terjadinya banjir. Hal ini jelas tercermin pada fungsi pepohonan. Pepohonan mempunyai akar yang berfungsi sebagai penyerap air dan menyimpannya di dalam tanah. Oleh karena itulah air yang terserap akan terkunci di dalam tanah. Karena terkunci ke dalam tanah maka hal ini akan mengecilkan resiko terjadinya banjir. Air hujan yang volume nya banyak tidak akan meluap sehingga tidak terjadi banjir dan mencegah potensi tanah longsor.

Terahir kami mengucapkan banyak terimaksih kepada semua pihak yang membantu atas pelaksanaan penanaman bibit pohon dalam rangka Polri Peduli Penghijauan ini. Karena penghijauan saat ini menjadi prioritas Polri dalam rangka peduli penghijauan dengan menanam sejuta pohon seluruh nusantara. Semoga dengan upaya ini kita semua dapat memetik hasil yang bermanfaat dikemudian hari. pungkas Kapolsek.