Pada tanggal 6 Mei 2018, dalam rangka Operasi Patuh Semeru 2018 para riders club vespa mendapatkan pengarahan mengenai tips berkendara yang aman melalui kegiatan Safety Riding yang dilaksanakan di halaman PIPP Kota Blitar. Kegiatan itu dipimpin oleh Ibu KBO Satlantas Polres Blitar Kota, Nanik Suryana, S.Sos.

Melalui kegiatan tersebut para riders diberikan pemahaman cara berkendara secara baik dan benar sehingga membuat kota Blitar lebih tertib dalam lalu lintas. Himbauan ini pada dasarnya untuk menjamin safety murid sendiri. Hal ini berkaitan juga dengan ketaatan terhadap peraturan lalu lintas tentang tujuh point penting Operasi Patuh Semeru 2018. Bikers pun diharapkan dapat belajar untuk memiliki kesadaran dalam berkendara dijalan raya.

Di dalam kegiatan ini, bikers diberikan berbagai tips untuk dapat berkendara sepeda motor dengan baik, aman dan nyaman. Tips yang diberikan antara lain tidak memodifikasi kendaraan secara berlebihan serta merawat kendaraan dengan baik. Selain tips tersebut, pengendara harus benar-benar bisa mengendarai sepeda motor, sudah cukup umur, dan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), serta mengenakan perlengkapan sepeda motor yang memadai. Kelengkapan kendaraan bermotor yaitu lampu depan, lampu sein, dan lampu rem, rem kendaraan, kaca spion, bensin, oli kendaraan, dan klakson harus dipastikan lengkap dan berfungsi dengan baik.


Melalui kegiatan ini, setiap bikers diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh saat berkendara di jalan umum. Agar tercipta arus lalu lintas yang kondusif serta untuk para bikers dapat menjadi pelopor pengendara yang baik dan aman. (DR)