Keberagaman warga dalam lingkungan merupakan salah satu faktor pemersatu kerukunan warga. Dalam hal ini kamtibmas lingkungan harus tetap dijaga agar tetap kondusif.

Lingkungan yang aman dan kondusif serta kerukunan warga yang terjaga merupakan salah satu harapan warga. Warga yang aktif dan sehat serta sadar kamtibmas merupakan salah satu pondasi terbentuknya desa yang kuat.

Hari Jum’at 6 Oktober 2023 beberapa warga serta perangkat desa berkumpul di kantor Desa Penataran dalam rangka rangkaian Jum’at Curhat.

Jum’at Curhat merupakan program Polda Jatim yang dilaksanakan sebagai wadah penyampaian aspirasi warga kepada instansi terkait, terutama untuk mendekatkan Polri kepada masyarakat.

Kegiatan kali ini diisi dengan tanya jawab seputar kamtibmas dan antisipasi dalam menghadapi musim kemarau yang panjang sehingga rawan terjadi kebakaran. Yang dimana kebakaran sudah pernah terjadi di beberapa tempat yang mengakibatkan rumah warga ludes terbakar.

Dalam kegiatan kali ini, warga juga mengungkapkan keresahan tentang harga bahan pokok terutama beras yang naik. Sehingga membuat warga berpenghasilan rendah resah.

“Diharapkan warga dapat menjaga kamtibmas lingkungan agar tetap kondusif serta warga diharapkan tidak membakar sampah dan tetap mengecek kompor dan tungku sebelum ditinggal keluar rumah”. Ungkap Iptu Nur Budi.

“Warga diharapkan agar tetap tenang dan tetap menjalankan aktifitas dengan normal serta harga bahan pokok yang naik akan dikoordinasikan dengan pihak terkait”. Tambah Iptu Nur Budi.

Warga juga berharap dengan adanya kegiatan Jum’at Curhat kali ini, bisa lebih mendekatkan Polri dengan warga dan bisa membuat warga nyaman dalam menyampaikan aspirasinya berkaitan dengan kamtibmas.

Kerukunan dan kamtibmas lingkungan harus tetap terjaga agar warga dapat beraktifitas dengan lancar. Bila ada gangguan kamtibmas, warga diharapkan tetap berkoordinasi dengan Polsek Nglegok.