Polres Blitar Kota pada hari Minggu tanggal 20 Oktober 2019 siang menggelar simulasi Sispamkota (Sistim pengamanan kota) di depan mapolres Blitar Kota. Sispamkota di pimpin langsung Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K M.Si. Simulasi Sispamkota tersebut diikuti ratusan anggota Polres Blitar Kota dan jajaran.

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K M.Si yang didampingi Wakapolres Kompol Nurhalim, SH dan Kabag Ops Kompol M. Hari Sutrisno mengatakan hari ini Polres Blitar Kota menggelar simulasi Sispamkota, hal ini perintah mendadak dari Kapolda Jatim yang bersamaan dengan di berlakukan Siaga 1 di seluruh jajaran Polda di Indonesia.

Kapolres Adewira menambahkan simulasi ini untuk menunjukkan sekaligus mengingatkan anggota tahapan demi tahapan dalam menghadapi eskalasi massa yang berunjuk rasa. Yang mana Polres Blitar Kota mengedepankan ton Polwan Asma’ul Husna yang bertujuan mendinginkan suasana dilanjutkan dengan tahapan yang lain sampai dengan tahap menghadapi massa anarkis dengan diturunkannya kendaraan AWC atau Water Canon untuk mengurai massa.

Gelar simulasi Sispamkota yang menutup jalan Jendral Sudirman membuat arus lalu lintas harus berputar. masyarakat melihat giat Simulasi yang seakan terjadi sungguhan, apalagi di warnai letusan senjata Gas Air mata yang di arahkan ke massa ditambah pula Mobil Water Canon memperagakan mnghalau masa dengan semprotan air yang keras.

Simulasi Sispamkota, terkait tahapan akhir pemilu 2019 yaitu pelantikan Presiden dan Wakil Presiden hasil Pemilu 2019 hari ini Minggu tanggal 20 Oktober 2019 oleh MPR, keamanan di perketat baik tingkat pusat sampai di daerah.