Polsek Udanawu – Dalam Upaya Pencegahan terjadinya kebakaran Bhabinkamtibmas Desa Ringinanom Aipda Agus Sugiarto menyelipkan himbauan Kamtibmas terkait pencegahan terjadinya kebakaran kepada warga masyarakat desa Ringinanom yang sedang mengantri dalam mengambil Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahun anggaran 2023 desa Ringinanom. Selasa, 12 September 2023.

Bertempat di Balai Desa Ringinanom Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar, Aipda Agus Sugiarto Selaku Bhabinkamtibmas sewaktu melaksanakan pendampingan penyaluran BLTDD telah menyelipkan himbauan tentang pencegahan kebakaran kepada warga masyarakat dan dilakukan sebelum acara Penyaluran BLT-DD dilaksanakan.

 

Dalam himbauannya Aipda Agus Sugiarto menerangkan beberapa langkah mencegah kebakaran di rumah kepada warga masyarakat yang selanjutnya untuk di sampaikan kepada warga sanak saudara atau tetangga lingkungan tempat tinggal masing masing. Agus menyampaikan hal hal yang dapat dilakukan dalam pencegahan terjadinya kebakaran di antaranya:

1. Apabila membakar sampah sebaiknya ditempatkan yang benar-benar aman dan jauh dengan barang barang yang mudah terbakar. Sewaktu membakar sampah hendaknya di tunggu sampai benar – benar habis terbakar dan jangan lupa memastikan api padam setelah selesai membakar sampah dengan cara menyiram air dilokasi pembakaran sampah.

2. Jangan merokok di dalam rumah, Jika puntung dibuang dalam keadaan masih menyala dan tertiup angin, hal tersebut dapat memicu kobaran api. Apalagi jika puntung yang masih menyala menempel pada sofa dan benda lain yang mudah terbakar.

3. Jangan tinggalkan kompor dalam keadaan menyala, pastikan tetap berada di dapur selama proses memasak berlangsung. Tujuannya untuk mengetahui potensi kebocoran tabung gas yang menjadi pemicu kebakaran.

4. Mematikan alat elektronik, Penggunaan listrik berlebihan yang menyebabkan arus pendek listrik dapat meningkatkan potensi terjadinya kebakaran. Oleh karena itu, jangan lupa mencabut semua peralatan elektronik yang tidak digunakan.

5. Awasi penggunaan lilin, lilin jangan sampai letakkan di dekat sofa atau barang-barang yang mudah terbakar. Agar lebih aman dalam menggunakan lilin, tempatkan dalam gelas dan awasi penggunaannya.

6. Jauhkan benda yang mudah terbakar seperti plastik, kertas, dan kain. Jangan menyimpan benda-benda tersebut di dekat kompor atau lilin karena api dengan cepat menyambar dan menyebabkan kebakaran di dalam rumah.

7. Memeriksa kabel listrik rumah Memeriksa kabel listrik secara berkala, meski terlihat baik-baik saja, namun tetap dilakukan proses pengecekan.

Diharapkan dengan adanya himbauan pencegahan kebakaran di musim kemarau ini, warga masyarakat desa Ringinanom betul betul menerapkannya, sehingga wilayah aman tidak ada kejadian kebakaran.