Jelang arus mudik dan balik lebaran tahun 2018, Polres Blitar Kota bersama BNN Kota Blitar menggelar tes urine kepada sejumlah awak bus di terminal Patria Kota Blitar. Selain itu, dalam kesempatan yang sama, juga turut dilakukan pengecekan kelengkapan kendaraan umum yang dibantu pihak Dinas Perhubungan Kota Blitar.

Sedikitnya 50 orang kru bus baik sopir, kondektur maupun kenek yang mengikuti pemeriksaan kesehatan dan tes urine oleh tim Dinkes Kota Blitar dan BNN Kota Blitar. Kasatlantas Polres Blitar Kota AKP Yanto Mulyanto, S.H., S.I.K, mengatakan pemeriksaan urine dan kendaraan umum tersebut demi menjaga keselamatan para penumpang khususnya pemudik yang menggunakan angkutan umum.

 

“Pemeriksaan ini dilakukan menjelang musim mudik lebaran, agar keselamatan para penumpang kendaraan umum bisa diperhatikan. Selain itu, pemeriksaan ini juga dilakukan guna mencegah kecelakaan lalulintas baik yang disebabkan oleh faktor pengemudi maupun kendaraan,” ucap Yanto saat dikonfirmasi, Senin (04/06/2018).

Pihaknya berupaya agar saat mudik lebaran nanti masyarakat merasa aman dan nyaman menggunakan angkutan umum. Diharapkan pula tidak ada pengemudi yang mabuk atau terpengaruh Narkoba, sehingga bisa membahayakan keselamatan penumpang.

Tak hanya itu, kelayakan kendaraan umum yang nantinya akan menjadi salah satu penyedia jasa angkutan juga turut mendapat perhatian. “Dari ke 50 orang yang diperiksa, dinyatakan negatif narkoba. Akan tetapi untuk kelayakan kendaraan, tidak ditemukan bus yang kurang memenuhi standar kelengkapan,” tegasnya. (NN)