Untuk memelihara situasi Kamtibmas agar tetap aman kondusif serta untuk lebih mendorong masyarakat untuk lebih giat menjaga lingkungan pada malam hari, petugas patroli Polsek Ponggok Polres Blitar Kota serta Bhabinkamtibmas nampak menyambangi sejumlah Poskamling yang berada di Desa Langon Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Kamis (14/10).

Ditemui di lokasi Poskamling RT. 5 Desa Langon petugas patroli Aiptu Mudaeni mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan oleh petugas patroli maupun Bhabinkamtibmas untuk memberikan motivasi dan semangat kepada petugas jaga pos untuk terus pro aktif dalam kegiatan Siskamling, sehingga terjalin komunikasi yang sinergis antara Kepolisian dengan seluruh warga masyarakat.

“Kami juga mengapresiasi warga Desa Langon yang selalu pro aktif untuk menjaga Kamtibmas di lingkungan masing-masing, sehingga situasi keamanan tetap kondusif,” ujar Aiptu Mudaeni.

Lebih lanjut Aiptu Daeni mengharapkan bahwa pada dasarnya Poskamling ini selain untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat yang beristirahat malam, juga sebagai wadah tempat berkumpul dan saling berbagi informasi dan komunikasi antar warga.

“Dan tentunya dengan kehadiran kami diharapkan masyarakat untuk lebih bersemangat untuk berpartisipasi dalam menjaga keamanan lingkungannya melalui jaga Poskamling,” pungkasnya.

Sementara itu Kapolsek Ponggoj Polres Blitar Kota AKP Sony Suhartanto, S.H. juga menyampaikan bahwa Bhabinkamtibmas maupun petugas patroli sambang adalah ujung tombak Kepolisian di tengah-tengah masyarakat, oleh karena itu mereka dituntut untuk selalu proaktif dalam melakukan pembinaan yang dapat meningkatkan partisipasi warga terhadap pemeliharaan kamtibmas.

“Kegiatan patroli sambang Poskamling ini rutin dilakukan dengan harapan dapat memberikan motivasi kepada warga untuk berperan aktif menjaga lingkungannya, sehingga nantinya dapat membantu tugas tugas Kepolisian,” pungkasnya