Memang sehari-hari tugas Bhabinkamtibmas adalah bekerja di Desa binaan untuk membina keamanan, ketertiban masyarakat agar warganya dapat aman dan sejahtera dan terhindar dari kegiatan kejahatan dan kriminalitas. Untuk itu Bhabinkamtibmas mengedepankan senyum sapa salam kepada semua masyarakat. Kamis, 13 Juli 2023.

Selai patroli wilayah pada saat bertugas menjadi anggota Polsek Udanawu, juga sebagai Bhabinkamtibmas di Desa yang setiap harinya selalu berkoordinasi dengan perangkat Desa maupun dengan warga masyarakat umum. Bhabinkamtibmas Desa Tunjung berdialog dengan seorang warga memberikan himbauan Kamtibmas untuk dilakukan oleh masyarakat dan diteruskan ke warga lainnya.

Disini Bhabinkamtibmas juga akan sering mengobrol dan membicarakan tentang keamanan di wilayahnya serta memecahkan masalah bersama dengan warga agar situasi desa tetap kondusif dan terjaga. Itu setiap hari dilakukan oleh pak Bhabin dalam mengembangkan Desa binaannya. Terutama pak RT yang mudah dikendalikan dengan baik untuk mengamankan dalam lingkup rukun tetangga.

Bhabinkamtibmas juga menghimbau pada warga yang membutuhkan bantuan apapun untuk menghubungi pak Bhabin kendala apapu itu, karena melekat dengan Desanya maka apa saja bisa dikeluhkan ke pak Bhabin. Selanjutnya warga masyarakat Desa di Desa diharapkan terus berkonsultasi dengan Bhabinkamtibmas ketika menemui masalah pribadinya maupun kelompok.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Gawik Wahyuti, S.H “Bhabinkamtibmas akan selalu melekat dengan Desa Binaannya disaat ada kegiatan maupun kapanpun itu, karena warga Desa apabila terkena masalah lapor ke Pak Bhabin terlebih dahulu untuk dikonsultasikan. ” Ujar Kapolsek Udanawu