Petugas yang dibantu anggota berusaha memotong bambu yang melintang di Jalan Raya.

Sanankulon – Hari ini sekira pukul 16.00wib telfon di Mako Sanankulon berdering, setelah diterima oleh anggota jaga, ternyata dari warga masyarakat Desa Tuliskriyo yang melaporkan adanya pohon bambu yang tumbang dan melintang di jalan raya. Laporan dari warga masyarakat ini langsung direspon cepat oleh Polsek Sanankulon dengan mendatangi TKP untuk mengecek sekaligus menguraikan arus lalulintas karena dalam laporan mengatakan bahwa kondisi lalulintas macet total akibat pohon bambu tumbang yang tersebut. (Sabtu 16 Februari 2019).


Petugas yang dibantu anggota berusaha memotong bambu yang melintang di Jalan Raya

Ternyata benar adanya, serupun bambu roboh dan melintang dijalan raya. Dengan segera anggota turun dan mulai mengevakuasi pohon yang tumbang. Dengan dibantu oleh warga sekitar, selanjutnya bambu-bambu itu dipotong menggunakan gergaji mesin. Anggota yang lain melaksanakan pengaturan arus lalulintas untuk mengurai kemacetan yang panjang. Tidak lama berselang bantuan datang dari Basarnas Kab. Blitar yang membuat evakuasi pohon bambu lebih cepat selesai.

Kapolsek Sanankulon AKP Mulyani SH saat dikonfirmasi dari tempat terpisah mengatakan bahwa memang benar pada hari ini Sabtu tanggal 16 Februari sekitar pukul 16.00wib telah terjadi pohon bambu yang tumbang dijalan Raya Blitar Tulungangung tepatnya di sebelah utara Kantor Desa Tuliskriyo. Penyebab tumbangnya rumpunan bambu tersebut dikarenakan gerusan air sungai yang ada dibawahnya. Memang sejak siang tadi wilayah Blitar khususnya Kecamatan Sanankulon sedang diguyur hujan deras yang mengakibatkan debit air sungai meningkat. Akar bambu yang terkikis air terus menerus tidak mampu menopang sehingga mengakibatkan pohon bambu roboh ke jalan raya yang mengakibatkan pengguna jalan tidak dapat melintas dan arus lalulintas macet total. Kapolsek Sanankulon juga menambahkan bawasannnya dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa maupun materi. Bambu-bambu yang melintang dijalan selesai dibersihkan sekitar pukul 17.30wib yang dibantu oleh warga masyarakat dan Basarnas Kab. Blitar. Dengan demikian arus lalulintas kembali normas seperti sediakala.

Kapolsek Sanankulon melalui KA.SPKT Aiptu Didik Sihono berpesan kepada segenap warga masyarakat untuk selalu berhati-hati saat berkendara di jalan utamanya ketika hujan deras. Banyak pohon yang tumbang karena hujan yang disertai angin kencang. Selain itu dihimbau juga untuk warga masyarakat yang menjumpai atau mengetahui kejadian-kejadian sekecil apapun agar dapat melaporkan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polsek Sanankulon melalui telfon (0342) 801266 untuk mempercepat tindakan Kepolisian dilapangan. Semoga warga masyarakat kita semua terhindar dari segala bencana, amin. pungkas KA.SPKT Aiptu Didik Sihono.