Kota Blitar – Ratusan anggota Polres Blitar Kota mengikuti tes psikologi yang diadakan Tim Psikologi Polda Jatim di Balai Kusumo Wicitro, Kota Blitar, Rabu (31/1/2024).

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S S.S S.I.K melalui Kasihumas Polres Blitar Kota Iptu Sjamsul Anwar mengatakan, dengan kegiatan ini akan diketahui tentang mental kepribadian, kejiwaan, minat, bakat maupun kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing personel dan juga untuk izin pemakaian senjata api dinas kepada para personel Polres Blitar Kota.

“Tes psikologi dilakukan oleh Tim Psikologi Polda Jatim. Ada 210 personel yang ikut tes psikologi,” kata Kasi Humas Polres Blitar Kota Iptu Sjamsul Anwar.

Iptu Sjamsul mengatakan dari 210 personel yang ikut tes psikologi terbagi dari 158 orang berkaitan dengan mapping jabatan dan 52 orang berkaitan dengan mengajukan permohonan calon pemegang senjata api dinas.

Selain itu, juga ada tujuh personel yang mengikuti konseling permasalahan. “Para personel yang mengajukan permohonan calon pemagang senpi dinas harus ikut tes psikologi,” ujarnya.

Dikatakannya, tes psikologi kepada personel dilaksanakan rutin secara periodik. Tes psikologi berkaitan dengan mapping jabatan dilakukan untuk mengetahui minat dan bakat para anggota.

Hasil tes psikologi digunakan untuk memetakan penempatan para personel di lingkungan Polres Blitar Kota.

“Kegiatan ini dilakukan rutin secara periodik. Tes psikologi ini untuk mengetahui minat dan bakat anggota dalam pemetaan jabatan di Polres Blitar Kota,” katanya.