Kota Blitar – Perayaan pergantian tahun baru di kota Blitar yang dipusatkan di alun alun diwarnai dengan beberapa insiden terpisahnya anak dengan orang tua ataupun sebaliknya. Beberapa kali operator dari posko keamanan memberitahukan melalui pengeras suara yang telah disediakan. Bahkan dalam waktu beberapa saat saja operator tersebut dapat memberikan informasi hingga berkali kali pemberitahuan.

“Selamat malam, panggilan kepada warga yang kehilangan saudara atau orang tua ditunggu di Pos Keamanan natal dan tahun baru Polres Blitar Kota. terimakasih,” ucap operator menggunakan pengeras suara, Sabtu (31/12/2022) malam.

Keluarga yang merasa kehilangan anggota keluarganya segera mendatangi secara langsung Posko Keamanan di alun alun kota Blitar. Tampak di depan pos keamanan beberapa warga yang berkerumun setelah mendengar pemberitahuan adanya warga yang terpisah atau hilang dari jangkauan mengadukannya sanak keluarganya yang terpisah. Tampak juga bapak bapak dan ibu ibu setengah baya juga menunggu di pos keamanan nataru di alun alun.

Menurut petugas pengamanan Posko Keamanan Iptu Punjung dan anggota pengamanan, dari sore hingga malam alun alun sudah mulai dipadati masyarakat yang ingin merayakan perayaan pergantian tahun. Begitu mulai malam masyarakat semakin padat dan ramai. Begitu mendekati detik detik pergantian tahun, tampak bapak bapak dan ibu ibu setengah baya mendekati pos keamanan dan mengaku terpisah dari keluarga. Petugas pengamanan dengan cekatan menghubungi operator untuk menyiarkan berita tersebut.

Tidak berapa lama datang warga yang merasa kehilangan ke pos pengamanan dan benar saja ternyata keluarga mereka yang terpisah dari rombongan. Petugas pun menyerahkan kembali keluarga kepada mereka.

Iptu Punjung menghimbau agar masyarakat yang membawa keluarga tetap memantau dan tidak jauh dari mereka. Kata dia, hal itu untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

“Terpenting saat terpisah langsung hubungi petugas yang berjaga, bukan pengunjung ataupun pedagang. Karena kita semua saling berkoordinasi dengan petugas yang lain,” jelas Punjung.