Pihak Kepolisian terus berupaya meminimalisir terjadinya tindak kejahatan. Seperti halnya yang dilakukan anggota Polsek Udanawu Polres Blitar Kota Brigadir Bambang S. ini melakukan koordinasi dengan pihak Ketua RW setempat dengan Bpk Muchlis.

Dalam kegiatan patroli dialogis sambang di rumah Bpk Muchlis, Senin (17/12/201/8) mengajak ketua RW serta masyarakat untuk lebih meningkatkan keamanan.

Dalam pesannya itu kepada ketua RW, bila ada agenda rapat RT, RW, pengajian maupun kegiatan di desa untuk menyampaikan ke warganya himbauan tentang waspada terhadap para pelaku kejahatan.

Kapolsek Udanawu Polres Blitar Kotra AKP Wahyu Satriyo Widodo melalui Kanit Sabhara Polsek Udanawu Ipda Heri Bowo menuturkan untuk meningkatkan keamanan dengan memanfaatkan fungsi pos kamling yang ada.

Bilaada seseorang yang mencurigakan untuk segera melapor ke pihak yang berwajib. Dan bilamana ada tamu yang menginap untuk melapor ke RT, RW maupun perangkat desa. Hal itu dilakukan sebagai bentuk upaya deteksi dini bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.,