Sehubungan dengan musim hujan yang sudah mulai memasuki babak baru yang seringkali disuguhi dengan hujan, maka untuk antisipasinya supaya kita waspada terhadap banjir dan luapan air sungai Polsek Udanawu patroli mengecek dan di wilayah Kecamatan Udanawu dan melaporkan situasi ke pimpinan dan koordinasi dengan instansi terkait. Senin, 31 Oktober 2022.

Patroli siang dengan tujuan mengarah ke sungai-sungai aliran besar dan dam di sekitaran wilayah Udanawu,polisi berupaya untuk mencegah terjadinya bencana alam supaya dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang persiapan untuk menghadapi musim hujan adalah dengan menyediakan alat seperti cangkul, chainsaw,sabit, dll serta membuat tanggul bila perlu.

Hal itu hanya untuk mengingatkan masyarakat bahwa bahaya bencana alam tidak bisa diprediksi namun bisa diantisipasi dengan upaya pencegahan-pencegahan tertentu. Polsek Udanawu sendiri juga selalu siap untuk masyarakat umum apabila dibutuhkan. Di sungai Desa Ringinanom saat ini terpantau sedang normal saja, aliran cukup deras karena memang sungai langsung menuju ke Brantas.

Sepanjang jembatan sungai Desa Ringinanom juga sering dilalui kendaraan umum, Polsek Udanawu juga memberikan pengertian dan himbauan Kamtibmas untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap lingkungan. Selanjutnya akan terus melakukan patroli di Desa-desa lain untuk mengontrol situasi dam dan jembatan.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos saat ditemui “kami mengantisipasi terjadinya bencana alam dengan patroli pengecekan debit air di berbagai aliran sungai di Udanawu. Supaya dapat menilai apakah membahayakan atau tidak. Setiap hari akan dilakukan guna antisipasi musim hujan yang deras mengakibatkan bencana alam.” Ujar Kapolsek Udanawu