Dalam mengahadapi musim kemarau panjang ini yang tidak memberikan hujan sama sekali, Polsek Udanawu melaksanakan patroli antisipasi bencana alam seperti kekeringan yang bisa berakibat buruk untuk masyarakat luas. Oleh karena itu pemantauan terhadap debit air sungai apakah mengalami kekeringan. Minggu, 4 Juni 2023.

Polsek Udanawu berpatroli keliling seluruh wilayah kecamatan Udanawu lakukan pemantauan dan pengawasan sungai-sungai besar di wilayah Udanawu. Karena saat ini sedang berlangsung musim kemarau sampai bulan Juni 2023. Sudah tidak mengalami hujan lagi seperti beberapa bulan lalu. Warga masyarakat mengkhawatirkan akan kekeringan apabila pasokan air tidak banyak sehingga tidak mengaliri sawah-sawah warga.

Bersama dengan warga masyarakat memantau air sungai terpantau hari ini masih ada air namun mengalir tidak banyak atau tidak tinggi seperti saat musim hujan lalu. Namun warga sekarang mengantisipasi dengan cara membuat sumur galian di sawahnya masing-masing agar dapat mengairi sawahnya. Namun banyak juga warga yang mengeluh karena sudah lama tidak hujan dan sekarang hanya mengandalkan air sungai yang tidak deras.

Di sungai Desa Tunjung siang hari juga dapat dilihat hanya cukup-cukup saja. Yang penting bisa untuk persawahan. Koordinasi akan dilakukan setelah evaluasi pemantauan agar dapat mengatasi hal ini, semoga masyarakat dapat melakukan aktifitas seperti biasanya tanpa kendala apapun. Situasi sekarang memang lah tidak bisa diprediksi namun dapat diantisipasi dengan koordinasi dengan berbagai pihak.

Menurut Wakapolsek Udanawu IPTU F. Agus Supriyanto “patroli ke Desa-desa antisipasi bencana alam dan kerawanan yang dapat menggangu warga masyarakat dilakukan petugas dari Polsek Udanawu ke pemukiman dan persawahan mengingat siang hari sepi di jalanan Desa. ” Ujar Wakapolsek Udanawu