Kegiatan kepulangan jamaah haji dari Mekkah menjadi perhatian baru-baru ini, terkait dengan selesainya kegiatan haji dari tanah suci maka seluruh jamaah bisa pulang ke rumah masing-masing. Rombongan Blitar mendapatkan pengawalan dari Asrama haji Sukolilo Surabaya menuju ke wilayah Blitar dengan pengawalan dari Polda Jatim. Senin, 10 Juli 2023.

Polsek Udanawu dengan menggunakan mobile Backbone patroli melaksanakan pengamanan di KBIH binaan Ponpes Mambaul Hikam Mantenan yang akan menerima jamaah Haji Blitar kloter 12 sebanyak 20 orang. Dari Surabaya rombongan 10 bus namun untuk wilayah Udanawu turun di masjid Ponpes Mambaul Hikam. Namun setelah dari ponpes Mambaul Hikam berangkat lagi ke masjid Togogan Srengat dengan dikawal.

Pengawalan langsung dari Polsek Udanawu menuju Masjid Togogan Srengat. Sudah ditunggu keluarga masing-masing yang menyambut dengan hari dan penuh suka cita. Anggota Polsek Udanawu turut melaksanakan pengaturan lalu lintas atas keramaian yang terjadi karena keluarga yang menjemput berkumpul di satu tempat. Oleh karena itu untuk memperlancar arus maka perlu adanya polisi untuk mengurai keramaian.

Semua kegiatan penyambutan Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan sukses, semua jamaah yang pulang lengkap 22 orang sehat dan bugar diterima keluarga masing-masing. kedepan pengamanan dan pelayanan Kepolisian terhadap jamaah Haji terus dilakukan dengan baik agar masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Gawik Wahyuti, S.H. “pengawalan jamaah yang baru pulang haji merupakan tugas dari Kepolisian, oleh karena itu Polsek Udanawu akan mengawal hingga tuntas dan diterima keluarga dengan baik serta kondisi aman dan sehat. ” Ujar Kapolsek Udanawu