Polres Blitar Kota – Dalam rangka memantau dan mengantisipasi tertular nya hewan ternak oleh penyakit mulut dan kuku PMK, personil Polsek Udanawu lakukan monitoring ke Peternakan sapi, Selasa (05/07/2022).

Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos., dalam penyampaiannya ke seluruh Bhabinkamtibmas Polsek Udanawu. Dalam hal ini anggota Bhabinkamtibmas Polsek Udanawu Aipda Agus S melaksanakan pemantauan kunjungan terkait wabah Penyakit Kuku dan Mulut pada hewan ternak di Desa Ringinanom di wilayah Kecamatan Udanawu

Kepada Pemilik Peternakan Bhabinkamtibmas berpesan agar selalu menjaga kesehatan hewan ternak yaitu dengan menjaga kebersihan kandang serta melakukan penyemprotan kandang dengan disinfektan.

“Meski saat ini di wilayah Kecamatan Udanawu untuk kasus ada sebagaian, ada banyak sapi yang sudah sembuh dari PMK, pihaknya akan terus memantau perkembangan situasi. Sehingga kasus tersebut tidak menyebar di Kabupaten Blitar,”ujar Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos.

AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos. juga menambahkan, sejak merebaknya kasus PMK di beberapa wilayah. Pihaknya sudah memerintahkan Bhabinkamtibmas untuk rutin melakukan pengecekan, baik itu ke peternakan maupun rumah penduduk yang ada di daerah binaannya.

“Masyarakat tidak perlu panik, apabila menemukan kasus PMK didaerahnya bisa melaporkan ke Polsek, Bhabinkamtibmas maupun Dinas terkait sehingga bisa segera ditangani secara tepat dan cepat,” jelasnya.