Jumat Curhat rupanya masih menjadi sarana terbaik untuk pihak Polsek Udanawu dalam berkomunikasi langsung guna mendengarkan keluhan, menyampaikan pesan himbauan ataupun pesan-pesan kamtibmas kepada warga desa dan juga kelompok atau komunitas tertentu.

 

“Kegiatan ini masih tetap dilaksanakan. Selain memudahkan kami dalam mendapat informasi terkait keluhan dari warga, kegiatan ini dapat menjadi sarana bagi kami untuk memberikan edukasi”, ujar Kanit Binmas Polsek Udanawu.

 

Melalui giat “Jumat Curhat” kali ini Kanit Binmas Polsek Udanawu Aipda Sunanto, S.H. berkesempatan untuk dapat berkomunikasi langsung dengan warmas di Desa Ringinanom untuk mendengarkan keluhan dan juga menyampaikan pesan tentang maraknya modus penipuan yang menjadikan warga desa menjadi sasaran.

 

Kanit Binmas Polsek Udanawu menympaikan pesan agar warga lebih waspada dengan modus-modus penipuan, warmas juga dihimbau untuk waspada dan tidak mudah percaya dengan tamu yang tidak dikenal. beberapa modus penipuan yang sering dilakukan yaitu penipuan via telepon dengan berbagai alasan seperti mengaku sebagai kerabat atau orang yang dikenal, penipuan berbasis teknologi dan internet yang biasanya melalui media aplikasi whatsapp salah satunya dalam bentuk tautan (link).

 

Selain itu dengan maraknya kejadian banyak oknum yang tidak berniat melakukan tindak penipuan baru-baru ini menggunakan modus baru yaitu modus bakti sosial palsu. Orang-orang tak dikenal yang datang biasanya bertujuan untuk meminta dana sumbangan. Disisi lain, adanya tamu tak dikenal seperti ini dikhawatirkan bertujuan untuk memantau kondisi rumah lansia guna melancarkan aksi kejahatan pencurian atau perampokan bersama komplotannya.

 

Pada sesi tanya jawab, ada yang menyampaikan pertanyaan yaitu bagaimana jika sebagai warga ada yang tinggal sendiri dan tidak paham dengan adanya modus-modus seperti itu? Kemudian bagaimana untuk menjaga keamanan lingkungan terutama di malam hari untuk antisipasi adanya tindak pencurian atau perampokan?

 

Kanit Binmas Polsek Udanawu Aipda Sunanto, S.H. menyampaikan bahwa lebih baik warmas yang sering sendiri di rumah untuk menutup pintu saja saat tidak ada aktivitas di luar rumah. Jika ada tamu tidak dikenal tidak perlu dipersilahkan masuk ke dalam rumah. Dihimbau juga kepada warmas saling menjaga sebagai tetangga, jika ada gerak gerik mencurigakan bisa segera membantu. Kemudian untuk memastikan keamanan lingkungan, pihak polsek udanawu akan lebih sering melakukan patroli serta mengupayakan agar giat siskamling aktif dilaksanakan.

 

Sebelum mengakhiri acara, Kanit Binmas Aipda Sunanto tidak lupa menyampaikan pesan kamtibmas dan juga memberikan nomor telepon yang dapat dihubungi warga yaitu (0342) 551006 jika membutuhkan bantuan. Selain itu juga dapat dihubungi saat warga mengetahui adanya tindak kejahatan di lingkungan sekitar.