Polsek Sukorejo Polres Blitar Kota – Puluhan personel dari Polsek Sukorejo melakukan pengamanan Kirab Gunungan yang digelar Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, Kamis (18/07/2019).

Ribuan warga tumpah ruah dalam acara tersebut. Terlihat disepanjang jalan Bengawan Solo, banyak warga menanti gunungan yang berisi Tumpeng, juga bermacam-macam sayuran buah-buahan. Itulah yang menjadi daya tarik warga yang ikut menyaksikan.

Kapolsek Sukorejo AKP Slamet Pujiono, SH mengatakan selain ikut menghadiri acara kirab Gunungan yang digelar setiap tahunnya, pihaknya juga melakukan pengamanan jalannya acara berlangsung.

“Mulai dari pengamanan rute jalan maupun bermacam-macam gunungan yang di kirab kita lakukan pengamanan,” Ujarnya.

Kita antisipasi warga saat tumpeng tersebut diperebutkan. Setelah sampai di depan makam “Mbah Sewu”, ribuan warga sudah bersiap untuk berebut. Hanya hitungan menit gunungan Tumpeng ludes.

Kirab gunungan sebagai wujud syukur atas melimpahnya hasil bumi baik pertanian dan peternakan di kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar.

Peserta Kirab Gunungan sekitar 1000 peserta yang terdiri dari seluruh lapisan masyarakat mulai dari tingkat Rt sampai Rw se-kelurahan Pakunden, kemudian instansi dan Sekolah mulai tingkat SD, SMP, SMA se-kelurahan Pakunden.

Kirab Gunungan menampilkan kearifan lokal dengan berbagai atraksi dan kaloborasi apik, seperti penampilan barisan visualisasi tokoh-tokoh tempo dulu, tarian-tarian adat maupun modern, barisan santrianwan/wati, marcing band anak TK/SD, gunungan Tumpeng dan tak lupa seni Barongan/jaranan yang merupakan simbol dari kelurahan Pakunden.

Kegiatan berjalan aman dan lancar selama berlangsung.