Polsek Sukorejo Polres Blitar Kota –Personel dari Polsek Sukorejo melakukan pengamanan Kirab Budaya yang digelar Kelurahan Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, Jum’at (26/07/2019).

Ribuan warga tumpah ruah dalam acara tersebut. Terlihat disepanjang jalan di wilayah Kelurahan Blitar, banyak warga menanti pawai kirab budaya tersebut, berbagai macam kesenian yang ditampilkan seperti jaranan, reog, tari tradisional dan masih banyak yang lainnya. Itulah yang menjadi daya tarik warga yang ikut menyaksikan.

Kapolsek Sukorejo AKP Slamet Pujiono, SH mengatakan selain ikut menghadiri acara kirab budaya yang digelar setiap tahunnya, pihaknya juga melakukan pengamanan jalannya acara berlangsung.

Setelah sampai di depan makam “Makam Aryo Blitar”, banyak warga yang sudah bersiap untuk berebut gunungan/tumpeng. Hanya hitungan menit gunungan Tumpeng ludes.

Kirab Budaya sebagai wujud syukur atas melimpahnya hasil bumi baik pertanian dan peternakan di Kelurahan Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar.

Peserta Kirab Budaya sekitar 800 orang yang terdiri dari seluruh lapisan masyarakat mulai dari tingkat Rt sampai Rw, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama se-kelurahan Blitar.

Kirab Budaya menampilkan kearifan lokal dengan berbagai atraksi dan kaloborasi apik, seperti penampilan barisan visualisasi tokoh-tokoh tempo dulu, tarian-tarian adat maupun modern, barisan santriawan/wati, marcing Band, gunungan Tumpeng dan tak lupa seni Barongan/jaranan dan Reog Ponorogo yang merupakan simbol dari Kelurahan Blitar.

“Diperkirakan sebelum ibadah sholat Jum’at dimulai semua rangkaian kegiatan Kirab Budaya sudah selesai, selain itu juga menghormati warga Masyarakat yang sedang melaksanakan giat ibadah Jum’at”, Ujar Kapolsek Sukorejo.