Sebagai salah satu langkah penanggulangan virus corona, kota Blitar akan membentuk kampung yang telah tersentuh dan akan ditetapkan sebagai Kampung Tangguh diwilayah hukum Polres Blitar Kota. Melihat perkembangan penanganan kasus virus corona di daerah lain, keberadaan Kampung Tangguh dinilai efektif untuk meminimalkan dampak negatif dari pandemi Covid-19. Selain memberi edukasi kepada masyarakat mengenai Covid-19 dan upaya pencegahan, Kampung Tangguh juga dipersiapkan untuk segala kegiatan yang berkaitan dengan aspek sosial ekonomi.

Polsek Sananwetan Polres Blitar Kota yang wilayahnya menjadi salah satu tempat yang akan dijadikan kampung tangguh hari Sabtu tanggal 16 Mei 2020 berkoordinasi dan mengumpulkan seluruh stakeholder baik bhabinkamtibmas, babinsa, lurah maupun dari dinas kesehatan.

Dengan harapan, dampak buruk dari pandemi Covid-19 dapat tertangani sejak awal. Ditargetkan, pembentukan kampung tangguh di wilayah kecamatan Sananwetan akan menjadi Kampung Tangguh dalam menanggulangi pandemi Covid-19 ini.

Sebagai informasi, Kampung Tangguh pada dasarnya berfungsi memberi pemahaman dan penguatan kepada masyarakat.

Sehingga, masyarakat dapat lebih meningkatkan gaya hidup sehat serta tak mudah terkena tipu daya dari persebaran informasi hoaks juga menyediakan tim medis dan non medis di masing-masing kelurahan atau perkampungan.