Polsek Sananulon – Kapolsek Sanankulon yang diwakili oleh Kanit Binmas Aiptu Sutomo pagi tadi menghadiri undangan dalam kegiatan Sosialisasi Penanganan Pemulasaraan Jenazah Dan Vaksinasi Covid-19 yang bertempat di Pendopo Kantor Desa Purworejo Sanankulon. Selasa (5/4)  Dalam cara tersebut dihadiri juga oleh Kepala KUA, UPT Puskesmas Sanankulon dan perwakilan Satgas Covid-19 tingkat Desa Ds. Bendosari, Ds. Sanankulon dan Desa Purworejo.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah dalam rangka mensosialisasikan tata cara pemulasaraan jenazah Covid-19 sesuai dengan ketentuan syariat agama maupun protokol kesehatan dalam menangani jenazah dimas pandemi Covid-19 seperti saat sekarang. Mulai dari penanganan awal jenazah hingga proses di pemakaman, semua dikupas dalam acara tesebut. Dalam kegiatan itu nara sumber menyampaikan teknis teknis pemulasaraan jenazah diantaranya adalah sebagai berikut yaitu dalam tahapan persiapan, seluruh petugas pemulasaran jenazah harus menjalankan kewaspadaan standar, kemudian petugas memberikan penjelasan kepada pihak keluarga tentang penanganan khusus bagi jenazah yang meninggal dengan penyakit menular. Petugas yang menangani jenazah memakai APD lengkap berupa gaun sekali pakai, lengan panjang dan kedap air, sarung tangan nonsteril (satu lapis) yang menutupi manset gaun, pelindung wajah atau kacamata, masker bedah, celemek karet, apron, sepatu tertutup yang tahan air. Disamping itu, petugas yang menangani juga telah menuaikan syarat syarat sesuai dengan syariat agama.

Terpisah Kapolsek Sanankulon AKP Wahono menambahkan Protokol pemulasaraan jenazah telah menjamin keamanan sehingga jenazah tidak akan menularkan penyakitnya ke orang lain, dengan tidak ada cairan sedikitpun yang keluar dari jenazah itu. jenazah dibungkus plastik dan dimasukkan dalam peti kedap dan ditambahkan antiseptik. Tim yang bertugas dalam pemulasaraan jenazah sudah memastikan semua prosedur sudah sesuai ketentuan medis maupun agama, sehingga masyarakat tidak perlu takut bahkan menolak pemakaman pasien Covid-19 didaerahnya. Semua proses yang dilaksanakan sudah sesuai standar baku di dunia kesehatan, sudah dipastikan keamanannya,” ungkap Kapolsek.