Bina Kusuma dimulai 27 Februari 2023 hingga 13 Maret 2023. Selama 15 hari pelaksanaannya, salah satu sasaran sosialisasi polisi Blitar adalah kaum pelajar.

Seperti yang dilakukan Polsek Ponggok Polres Blitar Kota. Dalam operasi Bina Kusuma ini sudah mendatangi sejumlah sekolah untuk melakukan sosialisasi terkait kenakalan remaja, minuman keras, narkoba, asusila dan lain-lain.

Termasuk bahayanya petasan. Mulai dari bermain maupun produksi,” kata Aipda Joko Pramusinto, P.S Kanit Binmas Polsek Ponggok , Selasa (28/2/2023).

Lebih lanjut Aipda Joko menyatakan bahwa sosialisasi tekait bahanya petasan untuk pelajar tidak hanya di tingkat SMA, melainkan juga SD dan SMP. Banner-banner larangan menyimpan, menyalakan, dan memproduksi sudah dipasang di berbagai tempat umum.
“Edukasi terkait bahaya petasan tidak hanya menyasar pelajar, melainkan juga masyarakat umum. Kegiatan ini akan terus kami lakukan untuk menciptakan situasi tetap aman dan kondusif,” tungkasnya.

Dia menambahkan untuk menciptakan kamtibmas, pihaknya juga aktif melaksanakan ronda malam. Dihimbau masyarakat juga rutin melakukan kegiatan poskampling