Cara penanganan covid-19 dilakukan oleh Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas Bacem dengan dukungan TNI-Polri dalam pencegahan penularan covid-19 dilakukan sedini dan secepat mungkin. Hal ini merupakan upaya preventif sekaligus proteksi dini terhadap ambang penyebaran covid-19.

Pencarian kontak terhadap orang-orang yang terkoneksi langsung dengan orang terkonfirmasi covid-19 merupakan sarana utama untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular seperti Covid-19. Ini adalah konsep yang digunakan mendeteksi jumlah orang yang terinfeksi setelah melakukan kontak dekat dengan kasus positif penyakit.

Hal ini yang dilakukan oleh Tracer Puskesmas Bacem dengan didampingi Bhabinkamtibmas Polsek Ponggok melaksanakan tracing keluarga salah satu warga Desa Gembongan Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar yang terkonfirmasi covid-19 dan sudah melaksanakan isolasi mandiri,Kamis ( 12/08/2021 ).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas desa Gembongan dan anggota Polsek Ponggok serta team kesehatan dari puskesmas Bacem serta satgas dan Perangkat Desa Gembongan.

Bergerak cepat dan langkah yang tepat seperti pendekatan persuasif kepada keluarga dan tetangga terkonfirmasi, tracer bisa berkomunikasi dengan baik dan memberikan edukasi agar tetap semangat serta mentaati protokol kesehatan. Monitoring akan terus dilakukan guna memantau perkembangan kondisi kesehatan keluarga terkonfirmasi.