Jelang peringatan hari paskah umat Kristen, Polres Blitar Kota melakukan sterilisasi terhadap Gereja Katolik Santo Yusuf yang ada di jalan Diponegoro, Kota Blitar, Kamis (01/04) pukul 16.00 WIB.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan, S.I.K., M.Si menyebutkan, dalam kegiatan sterilisasi itu dirinya menurunkan regu dari Satuan Sabhara yang beranggotakan 6 personel, yaitu AIPTU Bambang Darmanto, BRIPKA Sigid Bahtiar, BRIPTU Siti Nurwinda, BRIPTU Yulita Setyaningrum, BRIPDA Akdom Daka, dan BRIPDA Novanda Probo Yuwono.

“Pemeriksaan kondisi atau sterilisasi ini menyusur disekitar lokasi gereja, mulai dari halaman depan belakang, sisi samping kanan dan kiri. Berikut juga di dalam gereja, semua kami sisir,” ujar Kapolres.

Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan barang bawaan terhadap jemaat dengan menggunakan alat metal detektor sebelum masuk ke area gereja. Hasilnya, tidak ditemukan adanya barang atau benda yang mencurigakan disekitar maupun didalam gereja.

“Ini kami lakukan untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan, serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi para jemaat yang melakukan ibadah di gereja,” pungkasnya.

Secara umum, kegiatan itu berjalan dengan lancar dan aman. Serta hasil dari pemeriksaan atau sterilisasi itu juga sudah dibuatkan berita acara dengan ditandatangani oleh aparat dan panitia.