KA SERPAS 2

Polres Blitar Kota menerjunkan sebanyak 401 personil gabungan dari Polres Blitar Kota dan Polda Jawa Timur untuk mengamankan pemilihan Kepada Daerah yang ada di Kota dan Kabupaten Blitar pada rabu (09/12). Pasukan ini terdiri dari 306 personil polres blitar kota dan 100 personil dari Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari Polda Jawa Timur. Pasukan ini ditugaskan untuk menjaga keamanan selama pelaksaan Pemilukada di kota dan Kabupaten Blitar pada Rabu (09/12). Mereka tersebar di 1.099 Tenpat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di sembilan kecamatan di Kota dan Kabupaten Blitar yang berada di bawah wilayah hukum Polres Blitar Kota.

Kapolres Blitar Kota, AKBP YOSSY RUNTUKAHU, S.I.K usai Apel Pergeseran Pasukan (Serpas) di halaman Mapolres Blitar Kota, Senin (07/12) mengatakan, pasukan ini akan menjadi Garda terdepan dalam pengamanan pelaksaan pemilihan umum baik di Kota dan kabupaten Blitar. Selain pasukan ini, pihaknya juga menyiapkan tiga Pleton yang diletakkan di masing-masing wilayah, yakni Kecamatan Srengat, Ponggok, dan Nglegok. Sedangkan untuk wilayah Kota Blitar  menyiapkan dua Pleton di Mapolres Blitar Kota yang dipersipakan apabila ada daerah yang memerlukan bantuan. “untuk pasukan dua pleton yang ada di Polres, mereka on call, bila ada yang membutuhkan siap untuk bergerak,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan Apel Kapolres Blitar Kota AKBP YOSSY RUNTUKAHU, S.I.K memberikan secara simbolis berupa paket yang berisi obat-obatan, buku saku, format rekapitulasi, uang saku+uang makan, serta uang serpas/transportasi kepada seluruh anggota pengamanan TPS.

Selain pasukan dari Polres Blitar Kota dan Polda Jawa Timur pihaknya mendapatkan bantuan sebanyak 2.198 personil dari Perlindungan Masyarakat baik dari Pemerintah Kabupaten Blitar dan Kota Blitar. ”Linmas ini nanti juga akan membantu tugas Polri dan TNI untuk mengamankan jalannya pemilihan Bupati dan Wali Kota Blitar,” tutupnya.