Menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 ini, rangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT RI ke- 74 sudah dimulai. Sebagai awal diadakan lomba baris berbaris tingkat SD sederajat. Polres Blitar Kota hari Selasa tanggal 06 Agustus 2019 mengamankan giat baris berbaris tingkat SD sederajat tersebut. Giat baris berbaris yang dimulai stat dari depan kantor Walikota Blitar. Tampak cukup banyak peserta yang mengikuti kegiatan baris dari SD maupun MI seluruh kota Blitar.

Dalam kegiatan yang berstart di depan kantor Walikota Blitar dan Finish di sebelah utara alun alun ini, dibuka dan diberangkatkan Plt Walikota Blitar Drs Santoso bersama Forkopimda. untuk peserta yang start pertama yang berjalan dari Pukul 08.00 Wib. Untuk pengamanan jalur yang dilalui dari personil Polres Blitar Kota juga dari Polsek jajaran. Rute yang dilalui untuk baris tingkat SD sederajat tidak terlalu jauh menyesuaikan dengan kondisi dari siswa siswi SD.

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K M.Si melalui Kasubbag Humas Ipda Dodit Prasetyo, SH mengatakan pengamanan Polres Blitar Kota untuk menyukseskan kegiatan yang diadakan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 74 sebagai wujud partisipasi dalam menyukseskan PHBN. Sebagai contoh pelaksanaan lomba baris berbaris, Polres Blitar Kota mensuport dengan memberikan pengamanan untuk menyukseskan acara. Selain itu disela sela pengamanan tidak lupa sampaikan pesan kamtibmas untuk menjaga keamanan diri agar tidak menjadi korban kejahatan.