Jelang laga Final Piala Gubernur Jawa Timur 2020 yang mempertemukan Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta di Gelora Delta Sidoarjo, pada hari Kamis tanggal 20 Februari 2020 sore, Polres Blitar Kota melakukan penyekatan terhadap Bonek dan Bonita (Julukan Suporter Persebaya) yang akan menuju ke Sidoarjo. Penyekatan dilakukan di beberapa titik yang diperkirakan akan dilalui oleh Bonek dan Bonita, salah satunya di perbatasan kabupaten Blitar dan Kediri, tepatnya perbatasan pasar patok kecamatan Ponggok.

Personil kepolisian dari Polsek Ponggok stand by di perbatasan serta sesekali melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor yang mengarah keluar kecamatan Ponggok. Selain itu dari Polres Blitar Kota sendiri melakukan penyekatan di terminal dan stasiun kereta api. Tidak luput bus yang akan berangkat ke Surabaya juga diperiksa mengantisipasi suporter yang mungkin mau berangkat ke Sidoarjo.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, SH, S.I.K, MH mengatakan penyekatan suporter Bonek maupun bonita Blitar yang akan berangkat ke Sidoarjo bertujuan untuk meminimalisir jumlah suporter kesebelasan yang mau menyaksikan laga final piala Gubernur Jawa Timur 2020 serta mengurangi resiko kerusuhan yang mungkin terjadi saat laga final nanti. Selain itu upaya penyekatan dilakukan untuk menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif, mengingat kapasitas tempat di Sidoarjo juga terbatas.