Kota Blitar – Dalam upaya mendukung kelancaran kegiatan Kirab Bedhol Pusaka dan Pawai Lentera, Personil Polres Blitar Kota melaksanakan pengamanan di beberapa titik yang menjadi rute Kirab Bedhol Pusaka dan Pawai Lentera tersebut, Rabu (31/5/2023).

Pengamanan Kirab Bedhol Pusaka dan Pawai Lentera dipimpin oleh Kabagops Polres Blitar Kota Kompol Lahuri.

Kabagops Polres Blitar Kota Kompol Lahuri mengatakan kegiatan pengamanan Kirab Bedhol Pusaka dan Pawai Lentera tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna jalan karena aktivitas kirab tersebut dilaksanakan di jalan utama kota Blitar, yang tentunya akan timbul kurang lancarnya arus lalu lintas bahkan kemacetan dan beberapa ruas jalan dilakukan pengalihan arus.

“Pengamanan ini dilakukan agar pelaksanaan Kirab Bedhol Pusaka dan Pawai Lentera bisa berjalan dengan aman, lancar dan kondusif,” kata Kabagops Polres Blitar Kota Kompol Lahuri.

Kompol Lahuri menambahkan bahwa selain personil dari Polres Blitar Kota juga akan dibantu oleh TNI, instansi terkait, organisasi masyarakat dan panitia.

Suasana kota Blitar terlihat meriah, ribuan warga memadati sepanjang jalan dari rumah masa kecil Bung Karno, Istana Gebang di Jl Sultan Agung sampai Kantor Wali Kota di Jl Merdeka.

Mereka menyaksikan Kirab Bedhol Pusaka dan Pawai Lentera yang merupakan rangkaian acara Grebeg Pancasila untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

Kirab Bedhol Pusaka dan Pawai Lentera diikuti para pelajar SMP, SMA di Kota Blitar serta Instansi pemerintahan Kota Blitar.

Iring-iringan Kirab Bedhol Pusaka dimulai pukul 20.00 WIB dan diawali dengan penampilan kelompok drum band di bagian paling depan.

Setelah itu, disusul dengan iring-iringan pria berpakaian adat Jawa dengan membawa panji-panji Pancasila, bendera merah putih, teks Pancasila, dan teks pidato pertama Bung Karno.

Di belakang iring-iringan pria pembawa panji-panji Pancasila disusul rombongan pelajar peserta Pawai Lentera.

Para peserta berjalan kaki dari Istana Gebang di Jl Sultan Agung menuju ke Kantor Wali Kota di Jl Merdeka.

Dari Istana Gebang, Jl Sultan Agung, peserta berjalan ke arah barat menuju Jl Panglima Sudirman, lalu belok ke selatan menuju Jl A Yani.

Sesampai di perempatan Jl A Yani, peserta belok ke barat menuju ke Kantor Wali Kota di Jl Merdeka.