Polres Blitar Kota selama operasi kepolisian dengan sandi operasi Bina Kusuma akn gencar mendatangi sekolah sekolah diwilayah hukum Polres Blitar Kota. Untuk pertama kali Sembilan sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Blitar didatangi petugas gabungan dari kepolisian, Satpol PP dan Bakesbangpol Kota Blitar hari Kamis tanggal 25 Juli 2019. Kedatangan petugas gabungan ini untuk merazia siswa dalam upaya pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) yang menjadi salah satu target operasi Bina Kusuma.

Kegiatan razia dipimpin langsung Kasat Binmas Polres Blitar Kota AKP Endang Setyawati sebagai penanggung jawab fungsi yang dikedepankan. Di dalam kelas, siswa dibariskan dengan rapi di belakang meja masing-masing sambil berdiri dan juga diharuskan untuk membuka tas mereka. Para petugaspun kemudian menggeledah isi dari barang bawaan yang mereka bawa. Mulai dari buku, wadah alat tulis, hingga bekal mereka pun harus dikeluarkan satu persatu.

Akp Endang saat dikonfirmasi mengatakan razia ini bertujuan untuk mencegah peredaran narkoba di kalangan pelajar di Kota Blitar. Untuk itu dilakukan pembinaan sejak dini. bina terus agar tidak kecolongan.

Akp Endang menambahkan dari razia tersebut petugas tidak menemukan indikasi peredaran narkotika di sekolah. Namun petugas justru menemukan benda-benda lain yang tak sepatutnya dibawa ke sekolah. Diantaranya kosmetik, vapor, rokok, handphone dan kapsul suplemen. Ada sembilan sekolah tingkat SMP yang diperiksa. Hasilnya Alhamdulillah tidak ditemukan narkotika namun kami menemukan sejumlah barang yang tidak diperbolehkan dibawa ke sekolah.