Kota Blitar – Polres Blitar Kota menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Depan Apel Mapolres Blitar Kota , Kamis (1/6/2023).

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini bertemakan ‘Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global’.

Upacara ini diikuti Pejabat Utama Polres Blitar Kota, para Kapolsek jajaran, gabungan staf dan ASN Polres Blitar Kota.

Bertindak sebagai inspektur upacara Wakapolres Blitar Kota Kompol Yoyok dwi Purnomo.

Dalam amanat Presiden Republik Indonesia, yang dibacakan oleh Waka Polres Blitar Kota Kompol Yoyok Dwi Purnomo menyampaikan, upacara ini meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, lebih menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, sebagai dasar berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil dari sebuah rangkaian proses, yaitu rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Dr. Ir. H. Soekarno melalui Piagam Jakarta tanggal 22 juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

“Jiwa besar para founding fathers kita, para ulama, para tokoh agama, dan para pejuang Kemerdekaan dari seluruh nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan yang mempersatukan kita,” kata Kompol Yoyok Dwi Purnomo.

Kompol Yoyok mengingatkan, kodrat bangsa Indonesia adalah kodrat keberagaman, dan takdir Tuhan untuk menjadikan manusia dalam keberagaman.

“Dari sabang sampai merauke adalah keberagaman dan satu kesatuan Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya berbagai etnis, suku, bahasa, adat istiadat, berbagai agama, kepercayaan, serta golongan bersatu padu membentuk Indonesia.

“Itulah Bhinneka Tunggal Ika kita, Indonesia dan kehidupan berbangsa dan bernegara kita akan selalu mengalami tantangan, Kebhinekaan,” jelasnya.

Ia juga mengajak seluruh personel Polres Blitar Kota dalam moment ini untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian terutama dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Saya mengajak seluruh personel Polres Blitar Kota untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian terutama dalam memberikan pelayanan yang prima kepad masyarakat,” pungkasnya.