Pemandangan berbeda nampak di beberapa ruas persimpangan jalan raya di Kota Blitar, pasalnya terlihat sesosok pocong lengkap dengan keranda mayat berseliweran di tengah persimpangan jalan tersebut, Sabtu (22/05).

Usut punya usut, sesosok pocong itu ternyata adalah anggota Polres Blitar Kota yang sengaja berkostum menyerupai pocong, mereka sedang mengadakan teatrikal dalam rangka sosialisasi penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Ini adalah aksi Polres Blitar Kota, sengaja kami bingkai dengan kegiatan teatrikal agar masyarakat dapat memahami betapa bahaya resiko penyebaran Covid-19 pada tubuh,” kata Kapolres Blitar Kota, AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan, S.I.K.,M.Si.

Kapolres menyebutkan, teatrikal itu dilaksanakan dibeberapa titik persimpangan jalan raya dengan cara bergantian. Tujuannya agar ada lebih banyak masyarakat yang melihat dan mengerti sosialisasi itu sendiri.

Titik persimpangan jalan raya itu adalah Perempatan Lovi, Pertigaan Alon-alon, Perempatan Toko Ijo dan Perempatan Puyong, Kota Blitar.

“Selain dengan menggunakan teatrikal pocongan, kami juga menggunakan papan imbauan yang di pegang oleh anggota agar dapat terbaca oleh masyarakat yang melintas,” imbuhnya.

Yudhi menegaskan, pada kondisi seperti saat ini masyarakat diimbau untuk tidak meremehkan keberadaan virus Covid-19. Sebab, situasi saat ini belum benar-benar terbebas dari Covid-19 dan relatif berubah-ubah sehingga masyarakat harus tetap berhati-hati.

“Kehati-hatian itu dapat dilakukan masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin,” pungkas Kapolres.