Polres Blitar Kota bersama Forkopimda menyusun strategi penanganan Covid-19 melalui Tactical Floor Games (TFG). Kegiatan ini dipimpin Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, SH, S.I.K, MH hari Rabu tanggal 08 April 2020 siang ini di gedung Patriatama Polres Blitar Kota. TFG ini dihadiri para pejabat utama Polres Blitar Kota beserta Kapolsek jajaran, perwakilan Kodim dan Forkopimda Kota Blitar.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, SH, S.I.K, MH mengungkapkan, TFG ini dalam rangka menyusun rencana antisipasi dan penanggulangan wabah virus corona di wilayah kota Blitar. mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas karena mewabahnya virus corona atau Covid-19. “Saat ini situasi kamtibmas masih kondusif. Tapi kita harus tetap waspada, kita antisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan,” tegas AKBP Leonard.

Leonard menambahkan TFG adalah sebuah pemaparan atau simulasi tentang gambaran pergerakan baik pada saat aman maupun situasi kontijensi, melalui media peta wilayah. TFG ini dalam rangka Operasi Aman Nusa I untuk mengantisipasi rusuh massa terkait pandemi Covid-19.

Kerusuhan massa yang harus diantisipasi salah satunya aksi penjarahan di tempat-tempat perbelanjaan, seperti pasar, supermarket maupun di toko-toko milik masyarakat. Selain itu, perlu diantisipasi juga gerakan massa yang menggelar unjuk rasa besar-besaran karena kelangkaan sembako dan BBM akibat pandemi Covid-19.