Dalam rangka menyambut hari Bhayangkara yang ke-73 dan meningkatkan kemampuan Bhabinkamtibmas agar lebih profesional, kreatif dan inovatif, Polres Blitar Kota menggelar lomba Bhabinkamtibmas Humanis yang dipimpin langsung oleh Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K M.Si. Acara berlangsung di gedung Patriatama Polres Blitar Kota hari Jum’at tanggal 28 Juni 2019.

lomba bhabinkamtibmas ini diikuti oleh perwakilan Bhabinkamtibmas tiap Polsek yang bertugas di wilayah hukum Polres Blitar Kota. Adapun juri perlombaan terdiri dari Binmas dan Intel Polres Blitar Kota. Ada dua aspek utama penilaian dalam lomba “Bhabinkamtibmas Humanis” yakni aspek penilaian pelaksanaan program Door to Door System Bhabinkamtibmas yang terhitung dari bulan Januari-Mei 2019 dan aspek kemampuan berpidato dalam memberikan himbauan kamtibmas.

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K M.Si mengatakan lomba ini dilaksanakan dalam rangka optimalisasi pengabdian kepada masyarakat, serta menghadapi tantangan tugas polri yang semakin berkembang dan kompleks. Personel polri yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas memiliki peran yang sangat penting sebagai ujung tombak institusi polri dalam memberikan pelayanan dan perlindungan serta pengayoman kepada masyarakat. Oleh sebab itu kemampuan dan SDM Bhabinkamtibmas perlu terus diasah.

Kapolres Adewira menambahkan untuk meningkatkan kemampuan Bhabinkamtibmas tersebut maka perlu diadakan perlombaan. Dengan harapan para Bhabinkamtibmas dapat meningkatkan profesionalitasnya, kreatifitas dan selalu berinovasi dalam rangka mengoptimalisasi pengabdiannya kepada masyarakat, serta sebagai kiat tukar informasi.