Memasuki musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, masih turun hujan deras disertai angin kencang yang melanda di Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar Jawa Timur yang merusak belasan rumah warga di dua desa pada hari Selasa tanggal 02 Juni 2020. Dua desa yang di amuk Puting Beliung adalah Desa Tunjung dan Desa Bakung kecamatan Udanawu kabupaten Blitar.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, SH, SIK, MH melalui Paur humas Polres Blitar Kota Aipda Prasetio hari Rabu tanggal 03 Juni 2020 saat dikonfirmasi menjelaskan angin kencang kemarin menerjang sekitar pukul 16.00 WIB yang semula hanya angin ringan, di sertai cuaca mendung. Hujan yang disertai angin kencang terjadi kurang lebih 1 jam. Angin kencang tersebut menumbangkan beberapa pohon. Akibatnya pohon tumbang menimpa empat rumah, satu unit mobil, serta kandang ternak milik warga, kerusakan total keseluruhan ada 15 rumah warga yang terdampak puting beliung.

Prasetio menambahkan data beberapa pemilik rumah yang tertimpa pohon paling parah yakni rumah milik KH Duki di Desa Tunjung RT 03 RW 04 tertimpa pohon sengon, rumah milik Rois di Dusun Banjarsari Desa Tunjung, garasi dan satu unit mobil di dalamnya tertimpa pohon kenitu. Lalu rumah milik Toyah warga Dusun Krajan Desa Tunjung dapurnya tertimpa pohon jati. Sementara di Desa Bakung rumah milik Asrori dan kandang ternaknya juga tertimpa pohon. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu hanya kerugian materi.

Selain itu tampak warga di dua desa itu bersama petugas gabungan dari TNI, Polri dan BPBD melakukan pembersihan pohon yang roboh Rabu pagi. Juga pembersihan sisa puting beliung terpaksa dilakukan sehari pasca kejadian karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan.