Kota Blitar – Polres Blitar Kota mengundang komunitas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Blitar Raya pada kegiatan zoom meeting pelatihan peliputan Pemilu tahun 2024, di Ruang K3i Mapolres Blitar Kota.

Turut hadir KKD (Kadis Kominfo), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota dan Kabupaten Blitar, Bawaslu dan sejumlah wartawan Pokja Polres Blitar Kota. Selasa (10/10/2023). Pelatihan kali ini dengan tema, Sinergitas Polda Jatim Bersama Awak Media Dalam Mensukseskan Pemilu 2024.

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S S.H S.I.K melalui PS Kasubsi Penmas Aipda Supriyadi S.I.Kom mengatakan, acara diskusi dan Pelatihan Jurnalisme Kepemiluan ini bekerjasama dengan Polda Jatim dan PWI Jatim di hotel Novotel Samator, Surabaya.

“Kami dari Polres mengundang Ketua PWI Blitar Raya bersama dengan KPU dan Bawaslu untuk mengikuti zoom meeting Pelatihan Peliputan Pemilu 2024,” kata Aipda Supriyadi.

Aipda Supriyadi menyatakan, acara zoom meeting ini menindaklanjuti arahan dari Kapolda Jawa Timur Irjen Dr Pol Toni Harmanto, agar Polri dan PWI tetap menjalin kerjasama terkait konten berita yang akurat, berimbang, tidak subjektif, sehingga dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan kode etik Jurnalistik dan Undang-Undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

Zoom meeting ini dapat menyajikan informasi yang menyejukkan terkait Pemilu 2024,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, Pemilu 2024 sudah di depan mata, sehingga informasi kepemiluan jangan sampai menghadirkan bias kepada para pembaca atau pemirsa.

Sementara itu Ketua PWI Blitar Raya Irfan Ansori mengatakan, berkaitan dengan Diskusi dan Pelatihan Jurnalisme Kepemiluan yang diikuti oleh KPU, Bawaslu, Diskominfo dan sejumlah media, menjadi poin dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat yang tidak boleh menyimpang dari kode etik Jurnalistik.

“Hal itu itu bersifat wajib dan sudah diatur UU Pers tentang kode etik jurnalistik,” terangnya.

Pemberitaan yang berimbang ini menurutnya adalah, memberikan ruang atau waktu pemberitaan kepada masing-masing pihak secara proporsional.