proklamatornews.com_Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan dan mental sejak dini Anggota Polsek Wonodadi Polres Blitar Kota memberikan pelatihan Baris Berbaris (PBB) kepada siswa SMP Al Kamal Kunir Kecamatan Wonodadi, Kamis (18/07/2019).

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat membina karakter anak-anak untuk berdisiplin pada diri sendiri. “Melatih kedisiplinan pada anak-anak tidaklah mudah. Apalagi dalam urusan baris berbaris. Perlu ketrampilan khusus dan ahli di bidangnya terlebih menumbuhkan rasa tanggung jawab akan tugas dan tanggung jawab baik di sekolah maupun di rumah” ungkap Kanit Sabhara Aiptu Unggul Nugroho selaku Instruktur pelatihan PBB.

Dalam pelaksanaanya Kanit Sabhara di bantu oleh Aipda Yoga Eka, Bripka Wawan, Bripka Farid, Bripka Nova dan Bripda Gumilar, Beberapa materi gerakan dasar baris berbaris diberikan kepada siswa mulai dari sikap sempurna, sikap istirahat, hadap kanan, hadap kiri, lencang depan dan gerakan di tempat lainnya, selain itu dilatihkan juga langkah biasa dan langkah tegap serta gerakan berjalan.

Di tempat terpisah Kapolsek Wonodadi Akp Yoni Sugiarto mengharapkan dengan latihan PBB tersebut anak-anak dapat memahami esensi yang terkandung dalam baris berbaris tersebut. Selain itu latihan PBB juga dapat dijadikan momentum sebagai pembentukan karakter sejak dini.

Kedepan tidak hanya pelatihan baris berbaris, tapi masih ada materi lain yang akan disampaikan seperti pembinaan tentang kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba dan miras,”jelas kapolsek.