Polsek Sanankulon – Sudah menjadi tradisi atau budaya masyarakat kita bahwa saat lebaran dimanfaatkan untuk pulang ke kampung halamannya masing masing setelah merantau diluar kota. Hal itu tentu menambah jumlah volume kendaraan yang melintas di jalan. Setelah puas ada di kampung, merekapun kembali ke tempat mereka bekerja atau yang kerap kita sebut dengan arus balik lebaraan. Jajaran Kepolisian Polsek Sanankulon terus memantau jumlah kendaraan yang melintas dijalan utamanya disepanjanag Jalan Raya Blitar-Kediri Desa Kalipucung.

Aipda Turnawan saat dilokasi mengatakan bahwa peningkatan volume kendaraan terlihat mengalami peningatan yang cukup signifikan dan berpotensi mengakibatkan kemacetan. Petugas sudah melakukan upaya upaya untuk mengatasinya salahsatunya dengan merekayasa arus laulintas.

Aipda Turnawan sedikit menjelaskan apa itu rekayasa aus lalulintas, “Reayasa arus laulintas adalah peraturan yang diberlakukan dalam rangka mencegah terjadinya kemacetan dijalan raya. Atau dengan kata lain merupakan program yang diselenggarakan oleh pihak Kepolisian untuk merekayasa jalur jalan raya yang terlalu padat ke jalur lainnya. Manfaatnya adalah, dapat membuat kondisi lalu lintas menjadi lancar. Seperti diketahui, jumlah pemilik kendaraan di Indonesia setiap tahunnya terus meningkat. Kondisi ini dapat membuat kondisi jalan raya menjadi penuh, terutama ketika musim mudik lebaran”. ucapnya.

Aipda Turnawan menambahkan bahwa dari pantauan kami dilapangan arus lalulintas disepanjanag Jalan Raya Blitar Kediri Desa Kalipucung ramai lancar dan tidak ada penumpukan kendaraan atau kemacetan arus lalulintas. “Tetap berhatihati saat berkendara dan selalu patuhi rambu rambu lalulintas”. Pungkasnya.