Polsek Sanankulon – Iptu Puji Winarsih selaku Kanit Sabhara beserta anggota Bripka Kristiono melaksanakan kegiatan rutinn antisipasi gangguan kamtibmas maupun kriminalitas dengan sasaran obyek vital meliputi Perbankan dan lokasi ATM. Kegiatan patroli preventif tersebut juga diisi dengan himbauan yang diberikan kepada nasabah untuk senatiasa waspada terhadap modus modus penipuan online yang marak terjadi dimasa pandemi Covid-19 seperti saat sekarang. Selasa, 13 Oktober 2020.

agaimanapun juga masa pandemi seperti sekarang menimbulkan gaya hidup baru. Tingkat ketergantungan terhadap platform digital makin tinggi, sehingga memancing maraknya kejahatan bermodus rekayasa sosial atau rekayasa digital yang kian canggih. Teknologi dan informasi saat ini sudah semakin canggih sebagai perisai keamanan. Namun justru penjahat cyber mengeksploitasi kelemahan dari sisi manusianya lewat manupulasi psikologis yang membuat seakan akan rekayasa digital tersebut nyata. Yang ahirnya memancing dan meyakinkan calon korban agar mengikuti perintah tertentu yang pada ahirnya akan merugikan masyarakat karena telah terpedaya oleh rekayasa digital/software yang telah diciptakan oleh pelaku kejahatan cyber.

Oleh sebab itu maka dihimbau kepada masyarakat luas untuk tidak begitu saja percaya terhadap konten konten digital yang berseliweran di media media. Kecanggihan teknologi informasi harus pula diimbangi dengan wawasan serta pengetahuan yang luas agar tidak menjadi korban penipuan berbasis online. Masa pandemi saat ini sektor perekonomian memang sangat terdampak, namun demikian harus disikapi dengan bijak agar kita tidak menjadi korban kejahatan cyber. ungkap Kanit Sabhara.