Kota Blitar – Polres Blitar Kota menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral dalam rangka persiapan Operasi Lilin Semeru 2022 di Gedung Patriatama Mapolres Blitar Kota, Kamis (15/12/2022).

Sekaligus dalam rangka kesiapan pengamanan menjelang Natal tahun 2022 dan Tahun Baru 2023

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono didampingi Dandim 0808 Blitar Letkol Inf Sapto Dwi Priyono dan Kepala Dishub Kota Blitar Juari.

“Rakor ini untuk mengantisipasi sedini mungkin kerawanan kamtibmas saat perayaan Nataru. Kami sampaikan kepada Kominfo untuk memperbarui semua kamera CCTV yang mati, kami harap pada 24 Desember posisi CCTV yang mati sudah menyala kembali,” kata Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono

AKBP Argowiyono mengatakan perayaan Nataru tahun ini sedikit berbeda dengan dua tahun sebelumnya. Sebab, pada 2020 dan 2021 tidak ada perayaan Nataru akibat terjadi pandemi Covid-19.

“Hari ini kami melakukan koordinasi, karena informasi dari Pemkot akan mengadakan acara yang sifatnya berpotensi menimbulkan kerumunan masyarakat pada Malam Tahun Baru,” ujarnya.

Polres Blitar Kota akan menerjunkan 183 personel untuk pengamanan Nataru. Jumlah itu masih ditambah personel dari jajaran TNI, Satpol PP, Dishub, PMI, dan organisasi masyarakat lainnya.

“Jumlah total personel gabungan yang akan diterjunkan untuk pengamanan Nataru nanti akan disampaikan saat apel pasukan,” katanya.

Sedang untuk pos pengamanan, kata AKBP Argowiyono, Polres Blitar Kota akan mendirikan satu pos pelayanan dan tiga pos pengamanan.

Satu pos pelayanan didirikan di Alun-alun Kota Blitar dan tiga pos pengamanan didirikan di Stasiun, Terminal, dan Kawasan Wisata Candi Penataran.

“Selain itu, kami juga menyiapkan dua pos mobile di batas kota, yaitu di wilayah Sanankulon dan Tugurante. Di dua titik itu biasanya rawan terjadi kemacetan saat Hari Raya,” ujarnya

Dengan sinergitas dan kolaborasi yang baik, kita berharap selama Nataru kamtibmas tetap terjaga.

“Semoga selama Nataru besok ini situasi Kamtibmas di Wilayah Hukum Polres Blitaf Kota aman dan Kondusif,” pungkasnya