Polsek Sanankulon – Ipda Edy Subagyo S.Sos selaku Kanit Reskrim Polsek Sanankulon pagi ini menghadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang bertempat di Pendopo Kecamatan Sanankulon bersama jajaran Muspika dan segenap Pemerintah Kecamatan Sanankulon. Minggu 10 November 2019. Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November menjadi momentum rutin untuk mengenang jasa jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur melawan penjajah.

Peringatan hari pahlawan ini juga sebagai wujud rasa syukur Bangsa Indonesia atas kemerdekaan dan mengenang serta menghormati jasa para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Sejarah singkat awal mula peringatan hari pahlawan yang jatuh ke tanggal 10 November adalah dari peristiwa pertempuran atau perlawanan yang dilakukan oleh warga Surabaya atau yang dikenal dengan sebutan arek arek Suroboyo terhadap penjajah atau sekutu sebagai upaya untuk mempertahankan kemerdekaan hingga menewaskan Jenderal sekutu AWS Mallaby.

Seusai upacara selesai, Kanit Reskrim Ipda Edy Subagyo mengatakan bahwa peringatan hari pahlawan ini hendaknya tidak hanya sebatas seremonial saja, melainkan makna yang terkandung didalamnya salahsatunya nilai moral yang dapat diambil dari aksi heroik para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sehingga generasi muda saat ini dapat mencontoh nilai dan moral dari para pahlawan seperti keberanian, tanggung jawab, rela berkorban serta mempunyai jiwa kepemimpinan dalam menghadapi semua tantangan Bangsa Indonesia di masa depan. Selain itu Peringatan Hari Pahlawan ini juga sebagai momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri sampai seberapa jauh setiap elemen bangsa dapat mewarisi nilai nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan dan mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur. pungkas Kanit Reskrim.