Kota Blitar – Dalam rangka menyambut perayaan Paskah, Satuan Samapta (Sat Samapta) Polres Blitar Kota melaksanakan sterilisasi di beberapa gereja di kota Blitar sebelum acara inti dimulai.

Kegiatan sterilisasi ini wajib dilakukan sebelum pengamanan dimulai untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para jemaat yang akan melaksanakan ibadah Paskah.

“Kami ingin memastikan kondusifitas seluruh gereja yang akan digunakan untuk ibadah Paskah aman dari benda-benda berbahaya,” ujar Bripka Farid, Sabtu (30/03/2024).

Sterilisasi dilakukan di beberapa gereja di kota Blitar, antara lain Gereja Katedral Paroki Santa Maria, Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, Gereja Gloria, Gereja GKJW dan Gereja Santo Yusuf.

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S S.H S.I.K melalui Kasihumas Iptu Sjamsul Anwar menerangkan bahwa sterilisasi gereja ini merupakan bentuk pelaksanaan tugas dan perintah langsung dari Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S S.H S.I.K dalam memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan setiap kegiatan Masyarakat.

“Tim unit sterilisasi dari Samapta dibantu personil baju preman dan anggota Polsek setempat melakukan penyisiran secara menyeluruh di seluruh area gereja, termasuk ruang ibadah, ruang pastoran, dan ruang-ruang lainnya,” tambahnya.

Sterilisasi dilakukan dengan penyisiran menggunakan beberapa alat Metal detector, Mirror, Detektor bahan peledak serta alat lainnya dengan mengutamakan keselamatan sebagai prioritas.

Sterilisasi gereja ini juga sebagai bentuk pelayanan Polres Blitar Kota kepada masyarakat dan untuk menciptakan kondusifitas selama perayaan Paskah.

Dengan sterilisasi dan pengamanan ini, diharapkan para jemaat dapat melaksanakan ibadah Paskah dengan khusyuk, tenang, dan aman.

“Polres Blitar Kota berkomitmen untuk mendukung perayaan Paskah dan memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat khususnya umat beragama yang memperingatinya,” pungkasnya.