Polsek Sanankulon – Pemerintah Kecamatan Sanankulon telah merealisasikan Posko Gugus Tugas Covid-19 yang bertempat di Kantor Kecamatan Sanankulon. Posko penanganan Corona ini akan berlanjut dibentuk disetip desa seKecamatan Sanankulon. Secara bertahap dibentuk posko bersama yang terdiri dari relawan, Pemerintah Desa setempat, dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa. Ditargetkan beberapa hari ke depan posko tersebut sudah terbentuk di seluruh desa di Kecamatan Sanankulon. Senin 20 April 2020. Posko tingkat Kecamatan maupun desa merupakan garda depan dalam pencegahan dan penanganan pandemi virus Corona Kecamatan Sanankulon.

Nantinya tim yang tergabung dalam posko tersebut bakal memantau setiap orang dalam pemantauan (ODP) virus Corona untuk tetap menjalani isolasi mandiri, mengumpulkan laporan dari relawan tingkat kedusunan dan melaporkan pasien ODP, PDP baru ke Puskesmas atau pemerintahan di tingkat Kecamatan. Untuk ODP yang tidak memiliki tempat untuk isolasi mandiri, nanti akan diarahkan untuk ditempatkan di isolasi khusus yang disiapkan oleh Pemerintahan Desa maupun Kecamatan.

Terpisah Kapolsek Sanankulon AKP Wahono mengatakan bahwa dengan adanya Posko Covid-19 di setiap Desa maupun Kecamatan, petugas di tingkat Desa termasuk Bhabinkamtibmas bisa melakukan pengecekan sarana yang diperlukan serta dibutuhkan guna mencegah penyebaran virus Corona. Keberadaan posko bersama tanggap Covid-19 memang sudah menjadi salah satu prioritas dalam penanganan penyebaran virus Corona di tingkat Desa. Mereka juga akan memantau kepulangan warga masyarakat dari luar kota atau daerah yang masuk ke Desa. Denan harapan mereka para pendatang akan terdata dan terawasi secara maksial yang didahului dengan serangkaian pemeriksaan medis guna memastikan kondisi kesehatannya. tutur Kapolsek Sanankulon.