Penyakit mulut dan kuku yang saat ini melanda hewan ternak di Indonesia sedang merebak luar biasa, banyak sekali masyarakat yang kian khawatir bila hewan ternaknya terkena PMK. Oleh karena itu harus rajin dalam pengecekan dan perawatan hewan ternak. Selasa, 13 September 2022.

 

Melaksanakan tugas pengawasan PMK secara bersamaan membuat keraguan menjadi hilang, Bhabinkamtibmas dan Babinsa bersama-sama dengan Dinas peternakan memantau langsung kondisi sapi di Desa Tunjung. Semuanya sedang dalam keadaan baik dan sehat, padahal menurut pemiliknya sebulan yang lalu banyak yang sakit tidak mau makan.

 

Seminggu yang lalu sapi disini sudah di vaksin Antisipasi PMK sebanyak 126 sapi dan 18 kambing. Angka yang banyak jika melihat kondisi di lapangan yang mudah tertular PMK. rencana vaksinasi PMK akan ada sampai ketiga atau booster, untuk sekarang masih yang pertama saja. Diharapkan lebih banyak lagi yang vaksin karena untuk membantu menjaga daya tahan tubuh hewan ternak.

 

Setiap hari akan ada laporan mengenai perkembangan PMK di Desa masing-masing. Untuk wilayah Desa Tunjung sendiri sudah menurun drastis setelah divaksin. Semua ini berkat petugas yang rajin mengingatkan pemilik sapi untuk menjaga kebersihan sapi dan tidak lupa untuk vaksin PMK.

 

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos “Bhabinkamtibmas harus berada di Desa untuk update kondisi hewan ternak di lapangan, karena pencocokan data harus sesuai dengan Dinas peternakan. Selain itu juga ingatkan warganya untuk merawat sapinya dengan baik”. Ujar Kapolsek Udanawu