Polsek Sanankulon – Malam tadi sebagai puncak dari malam malam sebelumnya bagi masyarakat untuk memperingati malam takbir. Tentu aktifitas masyarakat yang sebelumnya dibendung karena puasa, maka mereka meluapkan kegembiraan dihari kemenangan dengan bertakbir keliling. Oleh sebab itu maka jajaran Kepolisian dan instansi samping secara maksimal memberikan pelayanan berupa pengamanan malam takbil hingga ke pelosok pelosok desa.

AKP Murdianto S.H. selaku Kapolsek Sanankulon memberikan arahan kepada segenap angota sebelum melaksanakan pengamanan malam takbir. “Kami berikan app kepada anggota baik dari TNI, Polsek, Kecamatan maupun swakrsa masyarakat untuk tetap mempedomani SOP yang sudah ada. Dengan mengedepankan sikap humanis kepada masyarkat yang melakukan takbir keliling.. Terlebih bagi mereka yang menggunakan perangkat soundsystem yang berlebih”. ucapnya.

Kapolsek juga menambahkan bahwa tujuan dari pengamanan gabungan ini adalah untuk menciptakan rasa aman dan memastikan bahwa takbiran keliling boleh dilaksanakan, namun berada di radius lingkungan masing-masing dan dihimbau untuk tidak menggunakan mobil maupun sound system yang relatif besar.

Cara bertindak anggotapun sesuai dengan arahan pimpinan yaitu dalam bentuk patroli keliling menyusuri jalan-jalan hingga ke kampung kampung. Hal ini untuk memastikan bahwa takbiran keliling hanya boleh dilaksanakan oleh masyarakat dilingkungan masing-masing.

“Pengamanan malam takbiran di laksanakan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang sedang melaksanakan kegiatan takbir baik yang di laksanakan di masjid maupun di jalan secara keliling. Polsek Sanankulon memastikan bahwa untuk takbir keliling dilingkungan masing-masing, maka dari itu Polsek Sanankulon melaksanakan patroli keliling untuk antisipasi adanya kegiatan tersebut. Selain melaksanakan patroli Polsek Sanankulon juga melakukan himbauan- himbauan kepada masyarakat tentang kamtibmas. pungakas Kapolsek.