Bhabinkamtibmas Desa Bendo Aipda Kukuh Setiawan laksanakan pendampingan kegiatan Posyandu Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) “Pranoto Jiwo” bertempat di Balai Desa Bendo Kecamatan Ponggok, Kab. Blitar pada Rabu (15/03/2023).

Pelaksanaan posyandu ODGJ yang bekerja sama dengan Petugas Medis Puskesmas Ponggok dan ibu kader kesehatan Desa Bendo dilakukan dalam rangka untuk memeriksa kesehatan bagi pasien ODGJ di Wilayah Desa Bendo.

“Kegiatan Posyandu ODGJ dilaksanakan secara rutin dihadiri sejumlah 15 pasien ODGJ bertujuan guna menjaga kesehatan pasien ODGJ yang didukung oleh petugas medis Puskesmas Ponggok” Ujar Aipda Kukuh.

Acara dalam kegiatan posyandu tersebut meliputi pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat. Jika ada ODGJ yang harus mendapatkan penanganan dan perawatan serta pengobatan selanjutnya maja dirujuk ke fasilitas kesehatan selanjutnya.

“Selain pemeriksaan kesehatan dilakukan pemotongan rambut dan kuku terhadap pasien ODGJ. Dukungan keluarga dan masyarakat untuk pasien ODGJ sangat diharapkan agar tidak terjadi diskriminasi” Tuturnya.