Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan Polri dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban di masyarakat. Para bhabinkamtibmas ini bertanggung jawab akan segala permasalahan di desa nya. Dengan program ini, diharapkan Polri lebih dekat dengan masyarakat. Nantinya setiap permasalahan akan dimediasikan dengan mengedepankan bhabinkamtibmas dari pada diselesaikan kejalur hukum.

Rabu, 28 Maret 2018 Bertempat di ruang Patriatama Polres Blitar Kota , AKBP Adewira Negara Siregar SIK MSi didampingi oleh Kasat Binmas memberikan pengarahan kepada para Bhabinkamtibmas. Terlihat sejumlah bhabinkamtibmas yang merupakan perwakilan dari masing-masing Polsek dengan seksama mendengarkan apa yang Kapolres arahkan. “Kalian harus menjadi Polri yang aktif, semua permasalahan di desa binaan harus kalian ketahui pada Intinya tugas pokok kalian harus selalu dekat dengan masyarakat hadir di tengah tengah masyarakat, bisa menjadi menjadi konsultan pemecahan masalah sehingga mampu mewujudkan situasi yang kondusif di wilayah binaannya masing masing,” ujar AKBP adewira

Selain itu beliau juga mengucapkan terimakasih atas dedikasi dan loyalitas para bhabinkamtibmas yang telah berperan aktif. Kapolres berharap bahwa nantinya Polri akan semakin lebih baik dalam menjalankan tugas pokok sebagai pelindung, pengayom, dan perlayan masyarakat serta sebagai penegak hukum.