Untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 banyak kegiatan masyarakat yang menghadirkan penonton maupun peserta yang ramai sekali. Polsek Udanawu hadir untuk memberikan pengamanan dan pengaturan agar kegiatan bisa berjalan dengan lancar. Sabtu, 12 Agustus 2023.

Dengan semangat kemerdekaan masyarakat Desa Besuki Udanawu sangat antusias dalam mengikuti dan memeriahkan acara pawai Ta’aruf dan santunan anak yatim. Kebanyakan peserta dari lembaga pendidikan atayi yayasan TK dan Paud ikut jalan dan menghiasai kendaraan dengan tema merah putih. Sangat seru sekali saat acara sudah dimulai warga yang menyaksikan ikut bersorak-sorai.

Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB sudah start,sebelum start Kepala Desa memberikan himbauan agar semua peserta dapat tertib dan menaati peraturan. Sementara dari Polsek Udanawu telah siap melaksanakan tugas pengaturan karena padatnya jalan sekitar jalan utama Desa. Menurut laporan peserta yang terdaftar 50 kloter dengan bermacam-macam penampilan. Anggota Polsek Udanawu juga berkoordinasi dengan panitia agar semua berjalan lancar dari start hingga finish.

Kegiatan sesuai rencana selesai pukul 17.00 WIB, dengan keramaian ini diharapkan tidak terjadi kehilangan barang pribadi maupun orang-orang yang menggangu jalannya acara, maka Polsek Udanawu selalu mengawasi dari awal hingga akhir acara selesai. Kegiatan terpusat di titik finish jadi personil Polsek Udanawu siaga guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan sehingga aman.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Gawik Wahyuti, S.H “kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan semarak kemerdekaan Republik Indonesia akan kami kawal dan awasi sehingga masyarakat Udanawu dapat menikmati Agustusan dengan lancar dan terkendali. ” ujar Kapolsek Udanawu