Tim patroli Polsek Ponggok bertemu dengan warga di lahan persawahan, wilayah Desa Bacem, untuk imbauan pencegahan kriminalitas. Sebab, sudah sering terjadi pencurian kendaraan (curanmor) motor milik petani di sawah.

Anggota patroli itu juga sempat menemui sejumlah warga di warung makan, dan jalanan dekat sawah. Kemudian di sawah Desa Bacem, petugas kepolisian laksanakan patroli dialogis dengan petani untuk mewaspadai maraknya curanmor.

Kapolsek Ponggok AKP SUJARWO, S.H., M.H. mengatakan, semua masyarakat di Kecamatan Ponggok akan dilibatkan untuk mencegah terjadinya aksi kriminalitas. Pelaku kriminal yang saat ini beraksi semakin meresahkan.

“Motor hilang dicuri di sawah banyak terjadi di sejumlah wilayah Kecamatan. Kita antisipasi, petani kita sosialisasikan untuk waspada terhadap curanmor,” kata Kapolsek, Rabu (06/03/2024).

Petani di Desa Bacem itu mendapatkan imbauan misalnya seperti agar tidak memarkirkan motornya jauh dari sawahnya. Kemudian, meminta mereka untuk waspada dengan gerak-gerik orang tidak dikenal yang mencurigakan.

“Petugas patroli ingatkan masyarakat waspada dengan modus kejahatan yang dilakukan pelaku kriminal. Itu poin sosialisasi yang kita berikan. Kita tidak ingin di Wilayah Ponggok, ada kasus curanmor di sawah yang dialami petani,” tegasnya.

Masyarakat juga diminta koordinasi dengan Bhabinkamtibmas atau Babinsa, untuk antisipasi kriminalitas. “Kita ingatkan masyarakat untuk koordinasi dengan Bhabinkamtibmas atau Babinsa di desa. Ada ancaman apa, lapor segera. Untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif,” tambah