Kejahatan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, termasuk di persawahan sekalipun. Oleh karenanya personel jajaran Polsek Ponggok dalam melakukan patroli, areal persawahan menjadi salah satu objek yang menjadi sasaran.

Seperti yang dilakukan oleh regu patroli Polsek Ponggok saat menyapa sejumlah petani yang sedang istirahat di persawahan Desa Bacem. Rabu (07/08/2024)

Di persawahan sendiri kerawanan yang ada di antaranya aksi pencurian sepeda motor, alat-alat pertanian, hingga hasil pertanian. Jika tidak disikapi dengan upaya pencegahan yang serius tentunya akan sangat merugikan para petani.

Kepada para petani tersebut petugas patroli itu menghimbau agar selalu waspada dan lebih hati-hati saat memarkir kendaraannya, sebab terlihat banyak sepeda motor yang diparkir begitu saja tanpa mempertimbangkan sisi keamanannya.

“Khawatirnya saat lengah ditinggal bekerja di sawah, situasi itu dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan,” ujar Aiptu Suryanto.

Demikian halnya alat-alat pertanian, dihimbau para petani agar tidak mengambil resiko, sekiranya di sawah kurang aman sebaiknya disimpan di rumah saja.

“Begitu juga dengan hasil panen, jika sudah tiba waktunya agar segera dipanen dan dibawa pulang,” sambungnya.