Karena setiap hari selalu dilanda hujan di wilayah Udanawu, untuk mencegah terjadinya banjir ataupun bencana alam lainnya maka kesiapan Polsek Udanawu adalah dengan berpatroli di jam-jam tertentu pada bendungan, sungai maupun hulu sungai untuk mengamati setiap debit air di berbagai tempat wilayah kecamatan Udanawu. Sabtu, 25 Februari 2023.

Polisi memiliki tugas untuk menjaga wilayah dari berbagai hal yang mengancam, bukan hanya kriminalitas saja namun juga bencana alam. Kali ini di wilayah Udanawu sering terjadi hujan deras yang dimungkinkan bisa terjadi bencana alam banjir, untuk itu Polsek Udanawu selalu memantau perkembangan ketinggian air di sungai-sungai dengan cara patroli dan koordinasi dengan pihak terkait. Untuk mempermudah dalam melaksanakan tugas nantinya.

Di sungai Desa Sumbersari wilayah Udanawu bagian selatan airnya masih sedang-sedang sekitar selutut orang dewasa, masih aman seperti biasa. Namun nanti ketika hujan sore hari bisa saja akan naik atau meningkat alirannya. Warga di area situ sudah dihimbau untuk waspada dan bersiap saja. Maksud bersiap adalah siap alat dan tenaga apabila terjadi sesuatu secara mendadak.

Dengan menggunakan koordinasi dan cepat melaporkan kepada Kepolisian maka akan segera cepat dapat tindakan. Karena tugas Kepolisian memang untuk selalu siap membantu masyarakat. Masyarakat juga harus hati-hati dan sigap dalam rangka menjaga lingkungan dari bencana alam supaya dapat menghindari segala hal yang tidak diinginkan.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S. Sos “patroli untuk memantau perkembangan situasi cuaca maupun sungai bertujuan untuk mengetahui kondisi di lapangan agar dapat menentukan langkah-langkah dalam mencegah dan menangani bencana alam. ” Ujar Kapolsek Udanawu